Kepemimpinan Kristen di Era Digital: Upaya gereja Membangun Spiritualitas yang Relevan melalui Media Sosial
Abstract
Christian leadership and spirituality must work together in today's digital era. It is to face new challenges in maintaining the relevance of spirituality through social media. In an increasingly virtual world, churches must be able to utilise technology to convey Christian teachings and biblical values without losing the depth of spirituality. This is due to the amount of deviant content and hoaxes that must be filtered out. This research aims to investigate the role of social media in fostering relevant spirituality within the context of Christian leadership. The research method employed is a descriptive qualitative approach, utilizing a literature study, which involves analyzing various theological sources and scientific articles from accredited and reputable journals, as well as research related to the use of social media in the church. The results show that although social media offers excellent opportunities to reach a wider audience, the primary challenge lies in maintaining the depth of spiritual messages and building authentic faith communities. Church leaders need to develop the right digital skills to lead with love and integrity and avoid the negative influence of cyberspace. In conclusion, social media can be effective in Christian leadership if used wisely to deepen spirituality and expand the church's mission. The novelty of this research provides new insights into the integration between Christian leadership and digital technology.
Abstrak
Kepemimpinan Kristen dan kerohanian adalah sesuatu yang harus bersinergi di era digital dewasa ini. Hal itu untuk menghadapi tantangan baru dalam menjaga relevansi spiritualitas melalui media sosial. Dalam dunia yang semakin terhubung secara virtual, gereja harus mampu memanfaatkan teknologi untuk menyampaikan ajaran Kristiani dan nilai-nilai alkitabiah tanpa kehilangan kedalaman spiritualitas. Sebab banyak konten dan hoak yang menyimpang yang harus diwaspadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran media sosial dalam membangun spiritualitas yang relevan dalam konteks kepemimpinan Kristen. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskritif dengan pendekatan studi literatur, dengan menganalisis berbagai sumber teologi, dan berbagai artikel ilmiah jurnal akreditasi maupun bereputasi, serta dari penelitian terkait penggunaan media sosial dalam gereja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun media sosial memberikan peluang besar untuk menjangkau jemaat yang lebih luas, tantangan utama terletak pada bagaimana menjaga kedalaman pesan rohani dan membangun komunitas iman yang otentik. Pemimpin gereja perlu mengembangkan keterampilan digital yang tepat untuk memimpin dengan kasih dan integritas, serta menghindari pengaruh negatif dunia maya. Kesimpulannya, media sosial dapat menjadi alat yang efektif dalam kepemimpinan Kristen jika digunakan secara bijaksana untuk memperdalam spiritualitas dan memperluas misi gereja. Kebaharuan dari penelitian ini memberikan wawasan baru tentang integrasi antara kepemimpinan Kristen dan teknologi digital.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bahtiar. “Filterisasi Hoax Dari Kemajuan Teknologi Komunikasi Dan Informasi.” Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial Dan Kebudayaan 11, no. 2 (2020): 95–99. https://doi.org/10.32505/hikmah.v11i2.2545.
Dwikoryanto, Matius I Totok, and Yonatan Alex Arifianto. “Personal Branding Dan Pemimpin Kristen: Kepemimpinan Dalam Era Internet Of Things.” Veritas Lux Mea (Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen), 2023. https://doi.org/10.59177/veritas.v5i2.232.
Gaol, Rumondang Lumban, and Resmi Hutasoit. “Media Sosial Sebagai Ruang Sakral: Gereja Yang Bertransformasi Bagi Perkembangan Spiritualitas Generasi Z Dalam Era Digital.” KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi 7, no. 1 (June 2021): 146–72. https://doi.org/10.37196/KENOSIS.V1I1.284.
Geptha, Hendra, David Eko Setiawan, Ayu Cisilia Revanda, and Florensius Risno. “Media Sosial Sebagai Jembatan Pembinaan Warga Gereja Pada Masa Pandemi Covid-19.” Kharisma: Jurnal Ilmiah Teologi, 2021. https://doi.org/10.54553/kharisma.v2i1.63.
Hendarwin, Frimus Kennedy, and Yugih Setyanto. “Media Sosial Sebagai Penjalin Hubungan Antara Gereja Dan Jemaat.” Kiwari, 2023. https://doi.org/10.24912/ki.v2i3.25892.
Herman, Wynne Margaretha, and Roswita Oktavianti. “Persepsi Anak Muda Kristen Terhadap Ibadah Minggu Melalui Media Sosial YouTube Live Streaming Di Masa Pandemi Covid-19.” Koneksi, 2022. https://doi.org/10.24912/kn.v6i2.15693.
Hia, Lurusman Jaya, Claudia Angelina, and Monica Santosa. “Kepemimpinan Kristen Di Era Digital Terhadap Generasi Strawberry.” TEOLOGIS-RELEVAN-APLIKATIF-CENDIKIA-KONTEKSTUAL 2, no. 1 (2023): 118–33.
Katili, Syalomita Dealova Melody, Deitje S Pongoh, Deswita Dealove Matu, Injilia Grachiella Rumantir, Divano BlessTindas, and Cliff Hiskia Tumuwo. “The Impact of Social Media Technology Development on Minors.” Jurnal Syntax Admiration 5, no. 11 (December 2, 2024): 5183–90. https://doi.org/10.46799/jsa.v5i11.1851.
Leobisa, Jonathan, Soleman Baun, Yorhans S. Lopis, and Yakobus Adi Saingo. “Tantangan Penggunaan Media Sosial Di Era Disrupsi Dan Peran Pendidikan Etika Kristen.” Aletheia Christian Educators Journal 4, no. 1 (2023): 38–48. https://doi.org/10.9744/aletheia.4.1.38-48.
Matondang, Abdul Rahman, Tuti Restilia Dalimunthe, and Maryam Khodimatullah. “Pembangunan Identitas Keagamaan Dalam Ruang Digital (Studi Kasus Tentang Kristen Cabang Muhammadiyah Di Media Sosial).” Al-Balagh : Jurnal Komunikasi Islam 7, no. 1 (August 3, 2023): 31. https://doi.org/10.37064/ab.jki.v7i1.17020.
Mulyono, Fany. “Dampak Media Sosial Bagi Remaja.” Jurnal Simki Economic, 2021. https://doi.org/10.29407/jse.v4i1.66.
Nainggolan, Marnaek, and Happy Fasigita Paradesha. “Teladan Spiritualitas Figur Nuh: Standar Kehidupan Rohani Bagi Pemimpin Kristen Masa Kini.” EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership 3, no. 2 (2022): 191–204. https://doi.org/10.47530/edulead.v3i2.107.
Ngafifi, Muhamad. “Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya.” Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi 2, no. 1 (2014).
Peltier, Alicia L. “Social Media Use by the Modern Leader,” 143–60, 2021. https://doi.org/10.1007/978-3-030-61996-1_9.
Prabowo, Wisnu. “Peran Elkana Dan Hana Terhadap Masa Kecil Samuel: Tahap Awal Mencetak Pemimpin Kristen.” EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 2020. https://doi.org/10.47530/edulead.v1i2.39.
Setiawan, Wawan. “Era Digital Dan Tantangannya.” Seminar Nasional Pendidikan, 2017.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Edited by April Nuryanto. 3rd ed. Bandung: ALFABETA, 2019.
Suhadi, Suhadi, and Yonatan Alex Arifianto. “Pemimpin Kristen Sebagai Agen Perubahan Di Era Milenial.” EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership 1, no. 2 (2020): 129–47. https://doi.org/10.47530/edulead.v1i2.32.
Sulistyo, Eko, Talizaro Tafonao, and Septerianus Waruwu. “Memahami Peran Generasi Dalam Tonggak Kepemimpinan: Menavigasi Tantangan Dan Peluang Gereja Di Era Digital Sebagai Bagian Dari Relevansi Pelayanan.” Jurnal Ilmiah Multidisiplin 1, no. 2 (February 1, 2024): 87–105. https://doi.org/10.62282/juilmu.v1i2.87-105.
Susilo, Arman, and Paulus Kunto Baskoro. “Tantangan Kepemimpinan Kristen Di Era Disrupsi Dalam Gereja Tuhan.” Ritornera-Jurnal Teologi Pentakosta Indonesia 4, no. 2 (2024): 116–34.
Syelvian, Natasya. “Media Sosial Sebagai Sarana Dalam Ibadah Minggu Di Masa Pandemik Covid-19 Di Gki Kanaan Perumnas Iv.” MURAI: Jurnal Papua Teologi Konstekstual 4, no. 2 (2023): 74–85. https://doi.org/10.58983/jmurai.v4i2.113.
Thobias, Apriati Woi Sawanen. “Pembentukan Karakter Pemimpin Kristen Yang Unggul Di Era Milenial.” Kharisma: Jurnal Ilmiah Teologi 1, no. 2 (2020): 69–88. https://doi.org/10.54553/kharisma.v1i2.19.
Topayung, Semuel Linggi. “Urgensi Kepemimpinan Kristen Di Era Society 5.0.” KINAA: Jurnal Kepemimpinan Kristen Dan Pemberdayaan Jemaat 3, no. 2 (2023): 111–24. https://doi.org/10.34307/kinaa.v3i2.70.
Wulandari, Charisma Dina. “Fenomena Buzzer Di Media Sosial Jelang Pemilu 2024 Dalam Perspektif Komunikasi Politik.” Avant Garde, 2023. https://doi.org/10.36080/ag.v11i1.2380.
DOI: https://doi.org/10.52220/magnum.v6i1.235
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Magnum Opus telah terindeks pada :
MAGNUM OPUS: Jurnal Teologi dan Kepemimpinan Kristen
Published: STT IKAT Jakarta
Website Institusi: https://sttikat.ac.id
Address: Jalan Rempoa Permai No. 2, Pesanggrahan, RT.4/RW.11, Bintaro, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330
e-ISSN:2716-0556 p-ISSN: 2502-2156
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © MAGNUM OPUS: Jurnal Teologi dan Kepemimpinan Kristen. All Rights Reserved.