Revitalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Kristiani dalam Gereja pada Era Society 5.0

Baskita Ginting, Theresia Hutauruk

Abstract


The values of Christian education lie in its role in shaping individual character, morals, and attitudes, with an emphasis on sustainable character development and the development of the spiritual dimension. Technological advances, including carrying out Christian education, can potentially change how humans learn and teach. This research aims to understand and analyze how the values of Christian education can be transformed in the context of the church in the era of Society 5.0. This research is based on three problem formulations: adapting to technological developments, facing increasingly advanced changes, and Christian education that needs to be relevant.  The method used is a qualitative approach to literature analysis. The results and discussion include the contextualization of Christian values, the identification of the main values, the adaptation to social and technological realities, the strengthening of the role of education in the church environment, the building of an active involvement of the congregation in the transformation process, the analysis: the adaptation of the values of Christian education in the church in the era of Society 5.0, the urgency of involving the younger generation in Christian education, the recommendations. It is concluded that Christian values in Christian education need to be transformed to remain relevant and impact the current generation as a way of developing Christian education services.

 

Abstrak

Nilai-nilai pendidikan kristiani terletak pada perannya dalam membentuk karakter, moral, dan sikap individu, dengan penekanan pada pembangunan karakter yang berkelanjutan dan pengembangan dimensi spiritual. Kemajuan teknologi berpotensi mengubah cara manusia belajar dan mengajar, termasuk dalam hal menjalankan pendidikan kristiani. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami dan menganalisis bagaimana nilai-nilai pendidikan kristiani dapat direvitalisasi dalam konteks gereja di era society 5.0. Penelitian ini berangkat dari tiga rumusan masalah seperti tentang adaptasi perkembangan teknologi, menghadapi perubahan yang semakin maju, dan pendidikan kristiani yang harus relevan. Metode yang digunakan dengan pendekatan kualitatif analisis literatur. Hasil dan pembahasan meliputi kontekstualisasi nilai-nilai kekristenan, mengidentifikasi nilai-nilai utama, menyesuaikan dengan realitas sosial dan teknologi, memperkuat peran pendidikan di lingkungan gereja, membangun keterlibatan aktif jemaat dalam proses transformasi, analisis: penyesuaian nilai-nilai pendidikan kristiani dalam gereja di era society 5.0, urgensi keterlibatan generasi muda dalam pendidikan kristiani, rekomendasi. Kemudian disimpulkan bahwa nilai-nilai kristen perlu ditransformasikan dalam pendidikan kristiani agar tetap relevan dan berdampak pada generasi saat ini, sebagai wujud dari pengembangan pelayanan pendidikan agama Kristen.

 


Keywords


Christian education; church; society 5.0; values transformation; gereja; pendidikan kristiani; society 5.0; transformasi nilai-nilai

Full Text:

PDF

References


Agung, Kristianto. “Society 5.0 : Sebuah Transformasi Kehidupan Masa Depan.” Accessed November 18, 2023. http://agungkristanto.ie.uad.ac.id/2020/02/society-50-sebuah-transformasi.html.

Anita Setiawati, Rachel, and Ariani Tandi Padang. “Standar Moral Dalam Pendidikan kristiani.” KAIROS: Jurnal Ilmiah I, no. 2 (2021): 125–145.

Astuti, Tri Endah, Paulus Kunto Baskoro, Sri Wahyuni, Epafras Mujono, Arman Susilo, Daniel Lindung Adiatma, Junio Richson Sirait, Tandius Kogoya, Hasanema Wau, and others. Pendidikan kristiani Di Era Society 5.0. CV. Lumina Media, 2023.

Dwikoryanto, Matius I Totok, Yudi Hendrilia, and Carolina Etnasari Anjaya. “Sekolah Kristen Dan Pendidikan Agama Kristen Dalam Persiapan Menghadapi Era Society 5.0.” Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 6, no. 2 (2021): 97–108.

Eliasaputra, Mark Phillips, Martina Novalina, and Ruth Judica Siahaan. “Tantangan Pendidikan Agama Kristen Di Era Revolusi Industri 4.0 Dan Pasca Kebenaran.” BONAFIDE: Jurnal Teologi dan Pendidikan kristiani 1, no. 1 (2020): 1–22.

Frans, D O. “Pemuridan Di Era Society 5.0” 1, no. 1 (2023): 51–63. https://osf.io/x26y5/download.

J.F. Sagala, Lenda Dabora. “Tugas Pedagogis Gembala Dalam Menyiapkan Warga Gereja Menghadapi Perubahan Sosial.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 4, no. 2 (2020): 166.

Jatmiko, Bakhoh, Teguh Bowo Sembodo, Albert Yusuf Langke, Sukirdi Sukirdi, and Yupiter Hulu. “Gereja Sebagai Hamba Yang Melayani: Sebuah Perspektif Eklesiologi Transformatif Di Era Society 5.0.” CARAKA: Jurnal Teologi Biblika dan Praktika 2, no. 2 (2021): 234–253.

Lepa, Royke, Tri Hartono, Hery Adijanto, Amiruddin Wasugai, Retnalisa Sinauru, Henny Mamahit, Eka Lago, Dekrius Kuntaua, Jefrie Walean, and others. Paradigma Spiritualitas Kristen Di Era 5.0. Penerbit Andi, 2022.

Pasasa, Adrianus, and Yossua Hartaya. “Perubahan-Perubahan Paradigma Dan Praksis Misi Gereja Di Era Society 5.0.” CARAKA: Jurnal Teologi Biblika dan Praktika 2, no. 2 (2021): 294–305.

Purwoto, Paulus, Asih Rachmani Endang Sumiwi, Alfons Renaldo Tampenawas, and Joseph Christ Santo. “Aktualisasi Amanat Agung Di Era Masyarakat 5.0.” DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 6, no. 1 (2021): 315–332.

Saingo, Yakobus Adi. “Menggagas Gaya Hidup Digital Umat Kristiani Di Era Society 5.0.” CHARISTHEO: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 3, no. 1 (2023): 101–115.

Siahaan, Vera Herawati, and Harlin Yasin. “Tinjauan Perspektif Iman Kristen Tentang Mangadati Dalam Pernikahan Masyarakat Batak Toba.” Jurnal Teruna Bhakti 2, no. 2 (2020): 66.

Siallagan, Thomson. “Sinergi Keluarga, Sekolah, Dan Gereja Menjadikan Keluarga Sebagai Pusat Pendidikan Agama Kristen Di Masa Pandemi.” Jurnal Exelsis Deo 5, no. 1 (2021): 1–9.

Sianipar, Desi. “Peran Pendidikan Agama Kristen Di Gereja Dalam Meningkatkan Ketahanan Keluarga.” Jurnal Shanan 4, no. 1 (2020): 73–92.

Subowo, Adhika Tri. “Membangun Spiritualitas Digital Bagi Generasi Z.” DUNAMIS: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani 5, no. 2 (2021): 379–395.

Sugiyono, Prof. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta, 2018.

Taniady, Vicky. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Kristen Dalam Khotbah Di Bukit Pada Matius 5-7 Yang Memberikan Pengajaran-Pengajaran Kepada Murid Dan Para Pengikut-Nya.” Jurnal Abdiel: Khazanah Pemikiran Teologi, Pendidikan Agama Kristen, dan Musik Gereja 1, no. 1 (2022): 39–54.

Topayung, Semuel Linggi. “Urgensi Kepemimpinan Kristen Di Era Society 5.0.” KINAA: Jurnal Kepemimpinan Kristen dan Pemberdayaan Jemaat 3, no. 2 (2023): 111–124.

Wiraatmadja, Soeparwata, and Tety. “Prinsip-Prinsip Filsafat Pendidikan kristiani.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 1, no. 1 (2017): 55–60. http://journal.sttsimpson.ac.id/index.php/EJTI.

“Pendidikan Dalam Perspektif Kristen.” Sekolah Kristen IPEKA. Accessed November 18, 2023. https://ipeka.org/id/pendidikan-kristen/.




DOI: https://doi.org/10.52220/magnum.v5i1.209

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Magnum Opus telah terindeks pada :

    


MAGNUM OPUS: Jurnal Teologi dan Kepemimpinan Kristen
Published: STT IKAT Jakarta
Website Institusi: https://sttikat.ac.id
Address: Jalan Rempoa Permai No. 2, Pesanggrahan, RT.4/RW.11, Bintaro, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330
e-ISSN:2716-0556 p-ISSN: 2502-2156

 

View MO Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © MAGNUM OPUS: Jurnal Teologi dan Kepemimpinan Kristen. All Rights Reserved.

pengeluaran macau