Misi Pembebasan sebagai Respons terhadap Kemiskinan Umat

Rudy Butar Butar

Abstract


This study aims to describe a missional church, specifically for the poor who in fact are victims of oppression and injustice of a dominating and hegemonic system. The type of research used is qualitative, with a descriptive method. Based on investigations conducted regarding the phenomenon of poverty in Indonesia, researchers found that church attendance should become real, unconditional love for the poor. The mission of the church is to free the oppressed from the shackles and domination of rulers, businessmen and capitalists. The church's programs and strategies in responding to poverty are not just discourses and theories but are praxis that must always be embedded in the church's mission – programs based on love, awareness and empowering the poor.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan gereja yang missional, secara khusus bagi kaum miskin yang notabene menjadi korban penindasan dan ketidakadilan sistem yang mendominasi dan menghegemoni. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan metode deskriptif. Berdasarkan penyelidikan yang dilakukan berkenaan dengan fenomena kemiskinan di Indonesia, peneliti menemukan bahwa kehadiran gereja harus menjadi nyata, kasih yang tidak bersyarat kepada orang miskin. Misi gereja adalah untuk membebaskan mereka yang tertindas dari belenggu dan dominasi penguasa, pengusaha dan kapitalis. Program dan strategi gereja dalam merespons kemiskinan bukan sekedar wacana dan teori namun merupakan praksis yang harus senantiasa melekat dalam misi gereja – program yang didasarkan pada kasih, memberi penyadaran dan memberdayakan kaum miskin.


Keywords


Christian mission; liberation mission; poverty; church; gereja; kemiskinan; misi Kristen; misi pembebasan

Full Text:

PDF

References


Aliyanto, Deky Nofa. “Teisme, Mesianisme Dan Aksiologisme: Akomodasi Kitab Suci Kristen Terhadap Problema Kemiskinan Dan Pemiskinan.” CARAKA: Jurnal Teologi Biblika dan Praktika 2, no. 1 (2021): 61–76.

Arifianto, Yonatan Alex. “Kajian Teologi Misi Dalam Roma 10: 13-15 Terhadap Aktualisasi Misi Kristen.” Ritornera-Jurnal Teologi Pentakosta Indonesia 1, no. 2 (2021): 13–36.

Bosch, David J. “Transformasi Misi Kristen: Sejarah Teologi Misi Yang Mengubah Dan Berubah.” Jakarta: BPK Gunung (1997).

Doang, Yunus. “Pandemi Covid 19 Dan Kemiskinan; Suatu Prespektif Teologi Kristen.” Voice of Wesley: Jurnal Ilmiah Musik Dan Agama 4, no. 1 (2020): 20–33.

Hananti, Vasika. “Kontribusi Teologi Kepemilikan Dan Fungsi Kekayaan Menurut Lukas Bagi Upaya Pengentasan Kemiskinan Di Indonesia.” IMMANUEL: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 2, no. 1 (2021): 41–57.

Harianto, G P. Pengantar Misiologi: Misiologi Sebagai Jalan Menuju Pertumbuhan. PBMR ANDI, 2021.

Kasiman, Firmana Esa. “Roh Kudus Dalam Pelayanan Misi Pentakosta Di Era Postmodern Berdasarkan (LUKAS 9: 1-6)” (n.d.).

Manullang, Sudianto. “Konsep Misi Diakonia Untuk Konteks Indonesia.” Stulos 16, no. 1 (2018): 28–46.

Mawikere, Marde Christian Stenly, and Sudiria Hura. “Keprihatinan Kristen Terhadap Realitas Kemiskinan Dunia Abad Kelaparan Menurut Telaah Ronald Sider.” Jurnal Teologi Cultivation 6, no. 1 (2022): 79–102.

McGravan, Donald. “Crucial Issues in Mission Tomorrow.” Chicago: Moody (1972).

Ramdhan, Muhammad. Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara, 2021.

Ratag, Linda Patricia. “Teologi Inkarnasi Sebagai Pola Misi Gereja Menuju ‘Missional Church.’” Titian Emas 1, no. 1 (2020): 1–12.

Sihura, Selatieli. “Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dan Kemiskinan: Analisa Teologi Etika Kristen Pada Masalah Ekonomi Dan Ekologi.” Didache: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 3, no. 2 (2022): 119–142.

Simamora, Ranto G. Misi Kemanusiaan Dan Globalisasi. Bandung: Ink Media, 2006.

Sumual, Ivonne Sandra, Anggi Maringan Hasiholan, Aldi Abdillah, Naftali Untung, and Amos Hosea. “Gagasan Teologi Konstruktif Asia Bagi Model Pendidikan Agama Kristen Dalam Mengentaskan Isu Kemiskinan Di Indonesia.” EPIGRAPHE: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani 5, no. 2 (2021): 186–198.

Teesha, L.S. Misi Dan Jemaat Lokal. Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih, n.d.

Thomas, Norman E. “Teks-Teks Klasik Tentang Misi Dan Kekristenan Sedunia.” Jakarta: BPK Gunung Mulia (2012).

Wijaya, Hengki. “Kemiskinan Dan Kelaparan: Berbagai Pandangan Dengan Perspektif Yang Berbeda.” Jurnal Informasi 24 (2015).

Yewangoe, Andreas Anangguru, and Stephen Suleeman. Theologia Crucis Di Asia: Pandangan-Pandangan Orang Kristen Asia Mengenai Penderitaan Dalam Kemiskinan Dan Keberagamaan Di Asia. Gunung Mulia, 1989.

Zega, Yunardi Kristian. “Pelayanan Diakonia: Upaya Gereja Dalam Mengentaskan Kemiskinan Bagi Warga Jemaat.” IMMANUEL: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen 2, no. 2 (2021): 88–102.




DOI: https://doi.org/10.52220/magnum.v4i1.173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Magnum Opus telah terindeks pada :

    


MAGNUM OPUS: Jurnal Teologi dan Kepemimpinan Kristen
Published: STT IKAT Jakarta
Website Institusi: https://sttikat.ac.id
Address: Jalan Rempoa Permai No. 2, Pesanggrahan, RT.4/RW.11, Bintaro, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330
e-ISSN:2716-0556 p-ISSN: 2502-2156

 

View MO Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © MAGNUM OPUS: Jurnal Teologi dan Kepemimpinan Kristen. All Rights Reserved.

pengeluaran macau