Memaknai Frasa “Dapur Perapian” dalam Hosea 7 bagi Kekristrenan Masa kini

Chardo Nardy Silitonga

Abstract


The Book of Hosea is a very difficult book to reach. But it is interesting to study because it contains a very deep message about God's relationship with His people. Difficulty in understanding this book is about using simple words or phrases. The furnace is one of the many similes used by Hosea in the book he wrote. This furnace appears three times in chapter 7 of Hosea. The purpose of this research is to find the meaning of the furnace to create a reflection for non-believers in today's world. This study uses a word study analysis method with an inductive line of thought. Using Hebrew dictionaries, lexicon, and literature. The furnace symbolizes political officials, regarding the desire of their hearts, inner attitudes, and sinful state that do not want to be changed anymore.

 

Abstrak

Kitab Hosea merupakan kitab yang sangat menarik untuk dipelajari karena mengandung pesan yang sangat mendalam mengenai relasi Allah dengan umat-Nya. Kesulitan dalam memahami kitab ini adalah seputar penggunaan kata-kata atau frasa yang merupakan kiasan. Dapur perapian merupakan satu dari sekian banyak kiasan yang dipakai oleh Hosea dalam kitab yang ditulisnya ini. Dapur perapian ini mucul sebanyak tiga kali dalam pasal 7 kitab Hosea. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan makna dari dapur perapian tersebut untuk mem-buat suatu refleksi bagi orang percaya di masa kini. Penelitian ini menggunakan metode analisis studi kata dengan alur pikir induktif. Menggunakan kamus Ibrani, leksikon dan literatur-literatur. Dapur perapian merupakan kiasan dari para pejabat politik, mengenai hasrat hati, sikap batin dan keadaan keberdosaan mereka yang sudah tidak mau diubahkan lagi.

 

 

Keywords


furnace; Hosea 7; politic; simile; truth; dapur perapian; Hosea 7; kiasan; kebenaran; politik

Full Text:

PDF

References


Alkitab Penuntun Hidup Berkelimpahan. Malang: Penerbit Gandum Mas, 2009.

Anjaya, Carolina Etnasari, dan Martina Novalina. “Konsep Sinergi Piramida Dalam Pendidikan Kristen: Upaya Cegah Tangkal Perilaku Korupsi di Indonesia.” Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH) 4, no. 1 (2022): 30–44.

Arifianto, Yonatan Alex, dan Carolina Etnasari Anjaya. “Menggereja yang Ramah dalam Ruang Virtual: Aktualisasi Iman Kristen Merawat Keragaman.” JURNAL TEOLOGI GRACIA DEO 4, no. 2 (2022).

Baskoro, Paulus Kunto. “Refleksi Teologis Kitab Hosea Tentang Peran Tuhan Terhadap Kekudusan April 2021.” Didasko Volume 1 (n.d.). https://doi.org/DOI:10.52879/didasko.v1i1.2.

Bhodo, Yohanes Donbosko. “Jejak-Jejak Politis Dalam Kitab Suci Dan Dasar Biblis Bagi Keterlibatan Gereja Dalam Politik.” Atma Reksa : Jurnal Pastoral dan Kateketik 3, no. 1 (2018): 1. https://doi.org/10.53949/ar.v3i1.66.

BHT, Transiliterated Hebrew OT. Bible Works, v7, n.d.

Budhi, Samgar Setia. “Bahan Ajar Bahasa Ibrani I : Dasar-Dasar Bahasa Ibrani Alkitab.” https://www.academia.edu, 2019.

Bullock, C. Hassel. Kitab Nabi-Nabi Perjanjian Lama. Cet. ketig. Malang: Penerbit Gandum Mas, 2014.

Green, Dennis. Pembimbing pada Pengenalan Perjanjian Lama. Malang: Penerbit Gandum Mas, 1984.

Hertanto, A S, C E Anjaya, dan Y A Arifianto. “Kehambaan Kristus sebagai Model Spirtulitas Kepemimpinan Gereja: Kajian Teologis Filipi 2: 5-8.” Jurnal Teologi Gracia Deo 3, no. 2 (2021): 131–40. http://www.sttbaptisjkt.ac.id/e-journal/index.php/graciadeo/article/view/66%0Ahttp://www.sttbaptisjkt.ac.id/e-journal/index.php/graciadeo/article/download/66/81.

Kuiper, Dr. A de. Tafsiran Alkitab KItab Hosea. Jakarta: Gunung Mulia, 2012.

Lasor, W.S., D.A Hubbard, dan F.W Bush. Pengantar Perjanjian Lama 1 Taurat dan Sejarah. Malang: Penerbit Gandum Mas, 2019.

Lasor, W.S, D.A Hubbard, dan F.W Bush. Pengantar Perjanjian Lama 2 Sastra dan Nubuat. Cet. 17. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2019.

Longman III, Tremper, dan Raymond B Dillard. An Introduction To The Old Testament. Michigan: Zondervan, Grand Rapids, 2009.

Pawson, David. Un Locking The Bible. New York: Harpers Collins, 2012.

Rey, Hendra. Manusia Dari Penciptaan Sampai Kekekalan. Malang: Penerbit Gandum Mas, 2002.

Setio, Robert. “Menafsir Metafora Dalam Kitab Hosea: Historis Kritis, Feminis, dan Ideologis.” Gema Teologika: Jurnal Teologi Kontekstual dan Filsafat Keilahian Volume 2 N (2017).

Sihite, Franseda, Carolina Etnasari Anjaya, dan Yonatan Alex Arifianto. “Mamon dalam Kultur Penyembahan Orang Kristen Masa Kini.” Jurnal Teruna Bhakti 4, no. 2 (2022): 257–66.

Stuart, Douglas, dan Gordon D Fee. Hermeunetik Menafsirkan Firman Tuhan Dengan Tepat. Cetakan ke. Malang: Penerbit Gandum Mas, 2015.

Subekti, Tri. “Pemuridan Misioner dalam Menyiapkan Perluasan Gereja Lokal.” EPIGRAPHE: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kristiani 3, no. 2 (30 November 2019): 157. https://doi.org/10.33991/epigraphe.v3i2.126.

WTT BHS Hebrew Old Testament (4th edition). Bible Works, v7, n.d.

Zaluchu, Sonny Eli. “Strategi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Di Dalam Penelitian Agama.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 4, no. 1 (2020): 28. https://doi.org/10.46445/ejti.v4i1.167.

———. Studi PL: KITAB 12 NABI. Semarang: Golden Gate Publishing, 2019.

———. studi PL: kitab kitab Sejarah Di Dalam Perjanjian Lama. Semarang: Golden Gate Publishing, 2021.

Zuck, Roy B, ed. A Biblical Theology Of The Old Testament. Malang: Penerbit Gandum Mas, 2005.




DOI: https://doi.org/10.52220/magnum.v4i1.167

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Magnum Opus telah terindeks pada :

    


MAGNUM OPUS: Jurnal Teologi dan Kepemimpinan Kristen
Published: STT IKAT Jakarta
Website Institusi: https://sttikat.ac.id
Address: Jalan Rempoa Permai No. 2, Pesanggrahan, RT.4/RW.11, Bintaro, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330
e-ISSN:2716-0556 p-ISSN: 2502-2156

 

View MO Stats

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © MAGNUM OPUS: Jurnal Teologi dan Kepemimpinan Kristen. All Rights Reserved.

pengeluaran macau