Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi melalui Penilaian Diagnostik Kognitif di Sekolah

Eunike Septiani Morib, Daniel sudibyo Tjandra

Abstract


Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pendekatan instruksional yang berupaya menjawab kebutuhan belajar siswa yang beragam berdasarkan kesiapan, minat, dan profil belajar. Agar pelaksanaannya optimal, diperlukan pemahaman awal terhadap kemampuan kognitif siswa melalui penilaian diagnostik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara penilaian diagnostik kognitif dan efektivitas pembelajaran berdiferensiasi di sekolah. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan menganalisis literatur ilmiah, jurnal, dan dokumen pendidikan yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa penilaian diagnostik kognitif berperan penting dalam memetakan kemampuan awal siswa, menyusun strategi pengajaran yang tepat sasaran, serta meningkatkan daya guna intervensi pembelajaran. Tanpa adanya penilaian awal yang sistematis, pembelajaran berdiferensiasi cenderung bersifat general dan tidak responsif terhadap kebutuhan individual siswa. Oleh karena itu, integrasi penilaian diagnostik secara terencana menjadi kunci dalam mendukung pembelajaran yang adil, adaptif, dan berkualitas.


Keywords


Pembelajaran Berdiferensiasi, Penilaian Diagnostik, Kemampuan Kognitif, Strategi Pengajaran, Studi Pustaka.

Full Text:

PDF

References


Alifiana, Mellia, Anik Anekawati, and Helliyatul Matlubah. “Penggunaan Tes Diagnostik Dalam Model Pembelajaran Berdiferensiasi.” Prosiding SNAPP : Sosial Humaniora, Pertanian, Kesehatan Dan Teknologi 2, no. 1 (January 11, 2024): 75–87. https://doi.org/10.24929/snapp.v2i1.3123.

Aslihah, Aslihah, Enung Nugraha, and Fitri Hilmiyati. “Pengembangan Asesmen Diagnostik Kognitif Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka.” At Turots: Jurnal Pendidikan Islam, June 21, 2023, 767–73. https://doi.org/10.51468/jpi.v5i1.392.

Bendriyanti, Rita Prima, Citra Dewi, and Ismi Nurhasanah. “Manajemen Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa Kelas Ix Smpit Khairunnas.” Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik) 6, no. 2 (November 15, 2022): 70–74. https://doi.org/10.26740/jp.v6n2.p70-74.

Budyartati, Sri. “Tes Kognitif Diagnostik Untuk Mendeteksi Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran 1, no. 01 (November 14, 2016). https://doi.org/10.25273/pe.v1i01.34.

Dianti, Klis, Maria Ulfah, Abd Salam, Gunawan Gunawan, and Luthfiyah Luthfiyah. “Analisis Asesmen Diagnostik, Formatif Dan Sumatif Serta Implikasinya Terhadap Efektivitas Sistem Evaluasi Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) 5, no. 2 (April 2, 2025): 555–65. https://doi.org/10.53299/jppi.v5i2.1234.

Firdaus, Fery Muhamad, and Anwar - Senen. “Pelatihan Implementasi Pembelajaran Tematik (Learning by Doing) Berbasis Diversity Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa Sekolah Dasar Di Era Digital.” Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan 1, no. 3 (January 3, 2022). https://doi.org/10.59818/jpm.v1i3.38.

Forniawan, Ary, and Dwi Retno Wati. “Analisis Dan Tindak Lanjut Hasil Asesmen Diagnostik Kognitif Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial Sekolah Dasar.” Al Jahiz: Journal of Biology Education Research 4, no. 2 (January 10, 2024). https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v4i2.7962.

Herwina, Wiwin. “Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi.” Perspektif Ilmu Pendidikan 35, no. 2 (November 4, 2021): 175–82. https://doi.org/10.21009/PIP.352.10.

LUTFIANA, DIAN. “Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Matematika SMK Diponegoro Banyuputih.” VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan 2, no. 4 (December 20, 2022): 310–19. https://doi.org/10.51878/vocational.v2i4.1752.

Mahdi, Arisul, Grahita Kusumastuti, Johandri Taufan, and Dea Resti Fransiska. “Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Whole Person Approach Sebagai Strategi Kunci Implementasi Pendidikan Inklusif.” Jurnal Basicedu 5, no. 4 (June 22, 2021): 1870–78. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1060.

Marantika, Juliaans E R, Jolanda Tomasouw, and Eldaa C Wenno. “Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Di Kelas.” German Für Gesellschaft (J-Gefüge) 2, no. 1 (May 6, 2023): 1–8. https://doi.org/10.30598/jgefuege.2.1.1-8.

Mudrikah, Saringatun, Muhammad Rizal Pahleviannur, Miftahus Surur, Nani Rahmah, Merri Natalia Siahaan, Fadela Septi Wahyuni, Zakaria, et al. “Perencanaan Pembelajaran Di Sekolah: Teori Dan Implementasi,” March 15, 2022. https://doi.org/10.31237/osf.io/mrqs8.

Pebriyanti, Diantika. “Pengaruh Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pemenuhan Kebutuhan Belajar Peserta Didik Tingkat Sekolah Dasar.” JURNAL KRIDATAMA SAINS DAN TEKNOLOGI 5, no. 01 (April 4, 2023): 89–96. https://doi.org/10.53863/kst.v5i01.692.

Perthami, Ni Wayan. “Model Pembelajaran Mastery Learning Dengan Strategi Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ipa.” Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) 10, no. 2 (July 28, 2020): 98–108. https://doi.org/10.36733/jsp.v10i2.1080.

Purnawanto, Ahmad Teguh. “Pembelajaran Berdiferensiasi.” JURNAL PEDAGOGY 16, no. 1 (April 1, 2023): 34–54. https://doi.org/10.63889/pedagogy.v16i1.152.

Sarie, Fitria Novita. “Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Model Problem Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas VI.” Tunas Nusantara 4, no. 2 (December 23, 2022): 492–98. https://doi.org/10.34001/jtn.v4i2.3782.

Sutrisno, Lucky Taufik, Tatang Muhtar, and Yusuf Tri Herlambang. “Efektivitas Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Sebuah Pendekatan Untuk Kemerdekaan.” DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik 7, no. 2 (August 5, 2023). https://doi.org/10.20961/jdc.v7i2.76475.

Yani, Dwi, Susriyati Muhanal, and Aynin Mashfufah. “Implementasi Assemen Diagnostic Untuk Menentukan Profil Gaya Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Diferensiasi Di Sekolah Dasar.” Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pendidikan 1, no. 3 (January 30, 2023): 241–50. https://doi.org/10.46306/jurinotep.v1i3.27.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Pragati: Jurnal Ilmiah Mahasiswa

ISSN- 3090-8795

Diterbitkan: STT IKAT Jakarta

Website Institusi: https://sttikat.ac.id
Alamat: Jalan Rempoa Permai No. 2, Pesanggrahan, RT.4/RW.11, Bintaro, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah  Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional .
Hak Cipta ©pRAGATI: Jurnal Ilmiah Mahasiswa. Semua Hak Dilindungi Undang-undang.