Pengaruh Kualifikasi Akademik Guru Paud Terhadap Kualitas Pembelajaran Di TK Nasional Insan Prima

Venus Wanudyaningsih Kanugrahan, Daniel Sudibyo Tjandra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh kualifikasi akademik guru PAUD terhadap kualitas pembelajaran di TK Nasional Insan Prima. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi kelas, dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari guru PAUD, kepala sekolah, dan orang tua siswa yang dipilih secara purposif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dengan latar belakang pendidikan S1 PAUD atau bidang yang relevan memiliki kemampuan lebih dalam merancang pembelajaran yang sesuai dengan tahap perkembangan anak, menggunakan metode yang variatif, serta menciptakan suasana kelas yang aktif dan menyenangkan. Sebaliknya, guru yang belum memenuhi kualifikasi akademik cenderung mengalami kesulitan dalam menyusun strategi pembelajaran yang efektif. Penelitian ini juga menegaskan bahwa kualifikasi akademik bukan satu-satunya faktor penentu kualitas pembelajaran, tetapi menjadi fondasi penting yang harus diperkuat. Oleh karena itu, lembaga pendidikan perlu memberikan dukungan bagi guru untuk meningkatkan kompetensinya melalui pendidikan formal maupun pelatihan berkelanjutan. Kesimpulannya, peningkatan kualifikasi akademik guru PAUD merupakan investasi strategis dalam menjamin mutu pendidikan anak usia dini.


Keywords


Kualifikasi Akademik Guru, Pendidikan Anak Usia Dini, Proses Pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Hardiyana, Andri, Wilda Fadlilati Afiani, And Nesa Ramatun Fajria. “Efektivitas Pendidikan Anak Di Lingkungan Keluarga Dalam Pembentukan Moral Anak Usia Dini.” Nanaeke: Indonesian Journal Of Early Childhood Education 5, No. 1 (June 28, 2022): 27–42. Https://Doi.Org/10.24252/Nananeke.V5i1.26277.

Hasanah, Uswatun, And Nur Fajri. “Konsep Pendidikan Karakter Anak Usia Dini.” Edukids : Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini 2, No. 2 (December 20, 2022): 116–26. Https://Doi.Org/10.51878/Edukids.V2i2.1775.

Ita, Efrida. “Manajemen Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Di Tk Rutosoro Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada Flores Nusa Tenggara Timur.” Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran 6, No. 1 (January 16, 2018): 45–52. Https://Doi.Org/10.24269/Dpp.V6i1.889.

Muliya Putra, Hapindo, Opi Andriani, Indah Desrianda, And Serli Afri Antika. “Hakikat Pendidikan Inkluisi Anak Usia Dini (Paud).” Jurnal Pendidikan Vokasi Dan Seni (Jpvs) 3, No. 1 (September 25, 2024). Https://Doi.Org/10.52060/Jpvs.V3i1.2923.

Nurachadijat, Kun, And Meri Selvia. “Peran Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Implementasi Kurikulum Dan Metode Belajar Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (Jiepp) 3, No. 2 (December 21, 2023): 57–66. Https://Doi.Org/10.54371/Jiepp.V3i2.284.

Supiyardi, Supiyardi, Zul Andrivat, Mimin Tjasmini, And Aan Hasanah. “Pendidikan Karakter : Membangun Fondasi Moral Dan Etika Melalui Pendidikan Anak Usia Dini.” Action Research Journal Indonesia (Arji) 6, No. 2 (June 29, 2024): 76–87. Https://Doi.Org/10.61227/Arji.V6i2.164.

Ulfa, Mutia, And Erni Munastiwi. “Analisis Perencanaan Dalam Manajemen Pendirian Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini.” Leaderia: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1, No. 1 (June 9, 2020): 26–37. Https://Doi.Org/10.35719/Leaderia.V1i1.9.

Umi Kalsum, Arsy Arsy, Rubi’ah Salsabilah, Patria Nabila Putri, And Dwi Noviani. “Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Islam.” Khirani: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1, No. 4 (December 9, 2023): 94–113. Https://Doi.Org/10.47861/Khirani.V1i4.632.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Pragati: Jurnal Ilmiah Mahasiswa

ISSN- 3090-8795

Diterbitkan: STT IKAT Jakarta

Website Institusi: https://sttikat.ac.id
Alamat: Jalan Rempoa Permai No. 2, Pesanggrahan, RT.4/RW.11, Bintaro, Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah  Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional .
Hak Cipta ©pRAGATI: Jurnal Ilmiah Mahasiswa. Semua Hak Dilindungi Undang-undang.